Sumber Berita yang Terpercaya

Dimulai dari pemilihan legislatif sampai pemilihan presiden sampai sekarang ini, netralitas media kita makin goyah. Gara-gara media kita ga netral-netral banget, banyak orang yang lagi 'puber politik' ini terprovokasi. Belum lagi, udah banyak situs-situs aneh bertebaran yang juga jadi provokator buat milih kandidat tertentu.
Gue sendiri udah muak sama provokasi media dan fanatisme supporter. Jadi gue mau share yang (menurut gue) sumber berita yang terpercaya dan tidak provokatif yang gue sarankan untuk dibaca:

1.BBC INDONESIA
Gue sempet denger BBC dukung salah satu kandidat untuk pilpres. Tapi selama gue baca, nggak ada yang ganjal buat gue. Beritanya singkat, jelas, dan kata-katanya ga provokatif. Tapi kalau kalian cuma baca headline atau judulnya aja, ya mungkin bakal kalian anggap nggak netral. So, budayakan membaca!

2.Bloomberg
Bloomberg ini mencakup majalah, tv, situs, dan socmed yang menurut gue efektif, walau emang agak jarang ngasih berita tentang pemilihan kita sekarang. Tapi Bloomberg sempet mewawancarai dua kandidat presiden kita. Lo bisa liat di youtube kalo belum liat. Abis itu lo nilai sendiri aja gimana.

3.ABC
Ini situs dari partner kita, Australia. Buka berita-beritanya di sini. Banyak situs-situs australia yang berguna buat kalian untuk tau indonesia lebih jauh, contohnya situs ini, smh.net.au, theaustralian.net.au, dll yang gue jamin bisa dipercaya.

4.Jurnal
Daripada kalian baca-baca berita yang aneh-aneh, gue amat sangat menganjurkan baca jurnal karena dalam jurnal, semua udah ada penelitiannya dan semua didasari oleh teori. Jadi kalau lo ditanya "dapet info darimana?", lo nggak perlu bilang "katanya blablabla". Tunjukin jurnal yang lo baca, sudah terbukti dan nggak floating. Gue menyarankan baca jurnal-jurnalnya Stephen Sherlock. Lo bisa liat dia siapa di profil LinkedIn

5.Nilai sendiri!
Kalian kan udah liat tuh gimana behavior kandidat jagoan kalian di debat capres, di setiap wawancara, dan orang-orang di belakang jagoan kalian. Nah kalian nilai sendiri deh gimana. Jangan terprovokasi sama tulisan-tulisan. Mulai dengarkan apa yang dibicarakan sama kandidat kalian. Dan yang penting jangan dimakan mentah-mentah.

So, jadilah supporter yang sportif dan kritis. Jangan cepet terprovokasi karena hal-hal kecil kayak garuda yang gak bersih, kemeja yang gak formal. Itu cuma hal kecil kok. Well, keep reading!:)

Comments

Popular Posts