Filosofi Makan Angkringan



Gue itu suka banget makan di angkringan. Selain makanannya enak dan sesuai porsi gue, vibes dan ciri khasnya juga bikin gue suka makan di sana (asal gak ada bau rokok aja gitu). Angkringan favorit gue ada di pinggir jalan Duren Tiga, dia buka gerainya di space sebesar garasi bersama dengan gerai indomie gitu. Pas jaman masih kuliah, gue suka banget makan di sana karena searah pulang ke rumah. Tempatnya bersih, satenya banyak, dan menurut gue rasanya enak banget! Tiap pulang malem dari kampus, gue pasti makan di sini, atau minimal mampir buat beli satenya aja. 

Selepas gue lulus s1 dan kerja di Pejaten, gue hampir gak pernah lewat jalanan ini lagi. Selewat-lewatnya juga pas gue main dari daerah Melawai/Gandaria dan sekitarnya, which means gue udah kenyang dan gak ingin makan. Plus, deket rumah gue juga buka angkringan yang bisa digapai dengan jalan kaki aja, rasanya juga lumayan walau gak seenak yang di sana. Kalau diinget-inget, udah dua tahun gue gak ke angkringan itu.

Akhirnya beberapa hari lalu gue berkesempatan ke sana selepas meeting, dimana gue pulang dalam keadaan agak penat dan butuh makanan. Karena lewat sana, ya gue mampir ke angkringan ini. Tempatnya sama, tapi sekarang lebih rame karena nambah gerai martabak. Terus pelayan angkringannya juga bukan Ibu-Ibu judes yang biasa ngelayanin gue. Sekarang jadi Mas-Mas yang playlist lagunya Tiket Band sama Vagetoz gitu. Yaudah mungkin itu anaknya kali ya.

Pas makanan gue dateng, gue ngerasa aneh. Rasanya jadi beda jauh banget, menurut gue berkurang, entah dari mana berkurangnya tapi ini bukan yang gue expect. Sambelnya yang dulu berhasil bikin gue nangis kepedesan, sekarang jadi ya...B aja. Apa ini makanannya yang udah gak enak? Atau emang karena gue aja yang lupa rasanya karena gak pernah ke sini lagi?

***

Gue yakin siapapun pasti pernah ketemu pengalaman kayak gini; ngerasain perbedaan dengan sesuatu yang lo ingat dari kondisi aslinya. Kadang terjadi di tempat nongkrong yang udah jarang lo datengin, ruangan di tempat kerja yang lo udah resign, seseorang yang udah jarang lo sapa dan ketahui kabarnya.

Saat kita encounter sama keadaan dimana kondisi sekarang berbeda sama apa yang lo ingat, mayoritas dari kita bakal bilang mereka berubah dan sudah berbeda. Biasanya ada embel-embelnya tuh:

"ih kok sekarang kopinya rasanya beda, padahal gue baru gak ke sini 7 bulan"

"Dulu gue sering banget ke taman ini, sekarang jadi rame banget. Padahal dulu engga"

"Dulu tuh kita berdua deket banget, gak pernah lepas. Tapi entah apa yang bikin dia berubah dan kita jadi terpisah gini kayak orang gak kenal"

Bukan kesalahan kalau kita bilang seperti itu, karena perubahan memang sangat lazim (bahkan necessary) di dunia yang dinamis gini. Tapi itulah poin utamanya, apakah lo pernah berpikir bahwa sebenernya lo yang berubah? Apa lo juga berpikir bahwa perubahan mereka terjadi karena lo sendiri gak menjaga untuk selalu hadir di samping mereka? Apa mungkin lo terlalu sibuk sama dinamisme hidup sampai akhirnya lo gak punya ruang dan waktu untuk merasakan tanda-tanda perubahan kondisi itu?

Mungkin sebenarnya angkringan favorit gue ini citarasanya gak pernah berubah, cuma selama gue gak ke sana dan gue makan di angkringan lain, gue jadi gak familiar sama rasa angkringan favorit gue yang sekarang ini. Mungkin juga saat itu lidah gue masih lidah yang cuma terima makan, jadi sekarang standar gue beda.

Mungkin sebenernya kedai kopi yang sering kita datengin itu punya metode lain buat bikin kopi demi menjaga customernya yang loyal. Saat dia bereksperimen dan berusaha, mungkin lo gak hadir dan mungkin lagi nongkrong di kedai kopi lain. 

Mungkin juga, orang yang lo dulu kira sebagai partner, sahabat, soulmate lo bukan berubah, tapi justru memberi lo ruang untuk berlari mengejar sesuatu yang lo inginkan. Dia mungkin memberi lo ruang untuk ngikutin dinamisme dunia. Di masa itu mungkin dia menemukan 'rumah baru' yang dia rasa lebih cocok dengannya ketimbang bersama lo. Sampai akhirnya kemudian dia sudah menjauh dan lo baru menyadari ada yang berbeda.

Mungkin sebenernya, di balik perubahan seseorang, suatu tempat, suatu rasa, ada kita yang jadi faktor utama. Kali aja bisa jadi pelajaran ya; kalo kita suka dan nyaman sama sesuatu, beri dia sebesit ruang di diri kita buat selalu pelihara hubungannya. Kenali dan ketahui sehingga lo sadar kalo ada sesuatu yang berbeda. Gak perlu lo menyalahkan fakto-faktor lain, mungkin faktornya ada di diri kita sendiri. Ya gak sih?

Comments

Popular Posts