TANGGUNG JAWAB

"Mai, you're tired" "No I'm not"

Dialog di atas sering terjadi antara gue dan orang-orang sekitar gue belakangan ini. Ga heran kalau sering dibilang gitu apalagi sama orang tua sendiri. Gue tiap hari ke kampus pergi pagi pulang malem, rapat mulu kerjaannya, nyampe rumah buka laptop lagi, kadang lupa makan lupa minum, kadang lupa kalo besoknya kuliah pagi, kadang lupa kalo gue punya kehidupan selain dunia kampus seperti jaman dulu pas gue masih bisa ngopi-ngopi cantik fancy sambil blogging atau baca buku. Emang ya, semakin nambah umur, semakin banyak yang kita lupa.

Jujur, gue selalu spontan ngucapin kata "gak capek" setiap gue dibilang capek. Bukan karena sok kuat, tapi emang gue gak capek. Saat dibilang capek, yang ada di mindset gue capek itu sesuatu yang dirasakan kalo kita abis ngangkat barang, atau abis lari-larian keliling kota, atau abis macet-macetan siang bolong naik motor di perempatan Kuningan yang lagi ada proyek flyover. Itu yang terlintas di otak gue. Kebetulan setiap orang-orang ngomong, gue gak abis lari-larian atau macet-macetan. Namun kebetulan orang-orang ngomong pas gue lagi ngangkat beban yang namanya tanggung jawab.

Gue nulis post ini jam setengah 3 pagi di posisi gue sedang mengemban tanggung jawab yang diberikan ke gue untuk memegang suatu acara HIMA kampus gue. Acaranya sih gak gede, bukan apa-apa kalo dibandingin sama acara lain. Pasti ada deh suara di hati kalian "Elah cengeng banget ni anak. Baru megang acara segini aja udah curhat di blog (yang tidak pernah dibaca orang), gimana megang acara gede." Iya emang gue cengeng, karena gue masih ada di tahap merangkak dalam organisasi, baru nyoba. Belum lagi dinamika acara yang gue pegang itu cukup complicated ya. Gak perlu gue ceritain sih, intinya lo juga pada tau jadi Person in Charge itu sulit. Kenapa sulit? Karena kita bukan capek secara fisik, tapi capek secara mental.

Ini yang bikin gue berfikir, apa sih sebenernya yang bikin kita capek? Gue dan mungkin anak semester 5 lainnya bakal bilang "Capek kuliah gue pengen nikah aja sama diplomat." Orang tua bakal bilang "Capek ngeliat anak gue kuliah absennya banyak tapi minta jajan mulu." Anak ABG bakal bilang "Capek gue nungguin dia ngasih kepastian." Intinya, setiap kita mengucapkan kata capek/lelah, kita bertuju pada lelahnya otak dan batin kita pada suatu hal yang kita alami atau yang ada di sekitar kita. Dalam konteks gue, gue gak capek fisik, tapi gue capek karena batin gue memegang tanggung jawab. Lebih luasnya dalam konteks orang dewasa, mereka capek mengemban tugas sebagai orang dewasa.

Ini membuat gue berfikir ke lingkup lain, yang obviously semua orang tahu, bahwa dewasa itu bukan diukur oleh umur, tapi beban yang ditanggung. Anak kecil tanpa orang tua yang harus ngamen atau ngemis buat menghidupi adeknya yang masih bayi buat gue memiliki sikap dewasa. Orang sering bilang, saat kita dewasa kita akan merasakan bagaimana beratnya tanggung jawab. Buat gue itu kalimat yang salah karena dengan mengatakan 'saat kita dewasa', kita terkesan menunggu waktu yang tepat atau umur yang pas untuk menjadi dewasa. Menurut gue, dewasa itu adalah kata yang cocoknya disematkan ke orang-orang yang batinnya siap untuk mewadahi tanggung jawab, siap untuk bergulat dengan dinamika hidup, siap untuk menerima dan mencerna pengalaman yang diberikan, dan yang pastinya, siap untuk 'capek'.

Tanggung jawab itu emang ga keliatan wujudnya kayak gimana, tapi kok bisa berat? Ini yang bikin gue amaze sama dunia ini. Kadang sesuatu yang tidak terlihat itu emang yang paling... paling-paling pokoknya. Kalo lo nonton film 'Lucy' contohnya, di situ diceritakan bahwa otak manusia selama hidup cuma dipake  beberapa persen doang. Si Lucy ini diminumin zat yang bikin kerja otak dia terus meningkat. Semakin meningkat dia makin pinter, semakin meningkat lagi dia bisa ngendaliin macem-macem, sampe pada akhirnya saat kerja otak dia sudah 100% terpakai, dia menghilang. Endingnya temennya nanya kemana Lucy, tiba-tiba hpnya ada sms masuk yang bilang "I'm everywhere" (maap yak yang belum nonton jadi spoiler gini ahaha). Intinya raga dia tidak bisa lagi menahan cara kerja otak dia sehingga dia menghilang, ini bukan fiksi belaka loh, ada teori begini beneran, sama seperti konsep ketuhanan. Ok kenapa gue jadi rada ngelantur di paragraf ini ya...

Sama kayak pas terbangun dari mimpi buruk. Kita tersengal-sengal, keringetan, padahal mimpinya ada di alam bawah sadar kita, entah di alam mana itu. Gak beda jauh dari tanggung jawab, karena dia gak keliatan, yang diserang bukan fisik kita tapi mental kita. Maka dari itu gak sedikit caleg-caleg yang gila karena gak kepilih, atau orang yang bunuh diri karena hidup susah. Ini menunjukkan diserangnya batin itu bukan hal yang sepele. Mereka mampu mewadahi tanggung jawab namun tidak mampu menguasainya.

Tapi ya, ada tanggung jawab yang udah kita bawa dari kita lahir, yaitu tanggung jawab 'menjaga', menjaga Mahakarya Tuhan yaitu raga kita yang memang sudah dipersembahkan spesial buat kita atau istilah gampangnya 'jaga diri'. Mama gue sering ngingetin "Makan dulu, kerjain tugasnya istirahat dulu, ntar sakit". Gue kadang bodo amat ga makan ga minum yang penting urusan dulu selesai. Tapi gue mikir lagi kalo emang tanggung jawab 'jaga diri' itu harus diemban tiap hari. Mungkin bukan cuma gue doang, semua orang mungkin terlalu sibuk mengemban tanggung jawab lain sampe jaga diri aja dilupain. Nah, jangan kejadian kita lupa dengan janji pertama kita.

"Poinnya apa sih Mai post ini?" Gue juga gak tau-_- maaf ya kalo gak jelas. Intinya ya, gue cuma mau ngasih tau, saat kita dilanda kesibukan, dibebani tanggung jawab, jangan nyerah dan jangan menghindar. Apa yang telah kita wadahi harus kita urusin. Sadarlah bahwa kita sudah dewasa dan sangat lumrah bahkan wajib buat capek. Jadi, jangan banyak ngeluh capek, itu adalah bagian dari ombak kedewasaan. Semangat buat teman-teman di luar sanaaa <3

Comments

  1. Emhh, Lucy ga minum obat itu. Tapi ada sebungkus obat yang tadinya ditanem di perut Lucy buat (entahlah) diselundupin atau gimana, terus bocor dan jadi deh obat itu bekerja di tubuh Lucy.

    Maaf yang belum nonton jadi spoiler. ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts